Spread the love

Seorang pengusaha harus siap dengan segala risiko yang terjadi serta harus mampu melewati berbagai kesulitan yang besar. Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam perjalanan menuju kesuksesan pasti akan melewati berbagai rintangan dan hambatan yang tidak mudah. Apabila mampu melewati semuanya pasti akan bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses serta memiliki kekuatan finansial yang mumpuni. Berbisnis sangat berpeluang bagi para pemuda karena pasti memiliki strategi yang lebih kekinian untuk bisa memasarkan produk bisnisnya. Semangat Pemuda merupakan semangat juang untuk menggapai kesuksesan sehingga memiliki peluang yang besar untuk bisa menjadi pengusaha.

Ragam Bisnis Yang Menguntungkan Jika Rupiah Melemah

Ketika nilai rupiah menurun maka para pelaku pasar Forex akan merasa cemas. Atau pengusaha lainnya yang memiliki kaitan erat dengan nilai tukar Rupiah. Orang-orang yang menggeluti bisnis yang erat kaitannya dengan nilai tukar ini maka k akan mencari berbagai cara untuk bisa mengembalikan usaha mereka sehingga tetap stabil. Namun ada beberapa bisnis yang bisa mendapatkan keuntungan apabila dijalankan ketika nilai tukar Rupiah semakin melemah. Apa saja bisnis tersebut? Berikut ini merupakan tujuh bisnis yang sangat direkomendasikan dijalankan ketika nilai tukar Rupiah melemah.

  1. Eksportir Ikan Segar

Bagi para pebisnis yang menjalankan usaha eksportir ikan maka akan merasa diuntungkan ketika nilai tukar Rupiah melemah. Hal ini terjadi karena ketika nilai tukar Rupiah melemah maka harga produk luar negeri menjadi semakin murah sehingga daya beli konsumen pun semakin meningkat. Hal ini membuat jumlah konsumen semakin bertambah di luar negeri dan pengusaha eksportir pun akan semakin banjir dengan orderan. Namun ini hanya berlaku bagi eksportir ikan segar dan tidak berlaku untuk eksportir bahan baku. Perlu diketahui bahwa eksportir bahan baku akan terbebani karena biaya impor yang terus meningkat dan membuat daya beli konsumen dari luar negeri semakin menurun. Perbedaannya dengan eksportir ikan yang merupakan komoditi ekspor terbesar sehingga tidak akan mengalami kerugian.

  1. Eksportir Perhiasan Mutiara

Indonesia memiliki kekayaan laut yang tidak terbatas sehingga usaha eksportir perhiasan mutiara menjadi pilihan yang tepat jika nilai tukar Rupiah semakin melemah. Mutiara merupakan perhiasan yang dikenal cukup mewah dan ikhlas sehingga harga jualnya pun tinggi dan tidak terpengaruh dengan kurs rupiah. Perlu diketahui bahwa peminat dari mutiara ini terus meningkat setiap waktunya bahkan peminat dari Indonesia sekalipun.

  1. Eksportir Ikan Hias

Bisnis bisa dilakukan dengan berbagai cara dan berbagai jenis yang sesuai dengan peluang yang ada. Ketika nilai tukar Rupiah sedang melemah bisnis ekspor ikan hias menjadi pilihan yang sangat tepat. Pada dasarnya nilai ekspor dari ikan hias tidak begitu spektakuler seperti halnya ekspor ikan segar maupun produk olahan dari bahan baku ikan. Namun perlu diketahui bahwa peminat ikan hias baik dari Indonesia maupun luar negeri cukup tinggi sehingga akan sangat menguntungkan jika dijalankan. Terkait dengan jenis ikan hias yang di tawarkan juga sangat beraneka ragam karena Indonesia memiliki biota laut yang melimpah.

  1. Eksportir Hasil Perkebunan Dan Pertanian

Selain memiliki hasil laut yang melimpah ternyata produk-produk pertanian serta perkebunan di Indonesia sangatlah menjanjikan sehingga para eksportir memanfaatkan kondisi ini ketika nilai rupiah melemah. Salah satu produk dari Indonesia yang memiliki cukup banyak peminat dari luar negeri adalah hasil perkebunan dan pertanian. Produk ini bisa diekspor kapan pun ke luar negeri karena tidak terpengaruh oleh nilai tukar Rupiah yang melemah. Hasil perkebunan antara lain adalah kacang hijau, jagung, buah-buahan, dan hasil pertanian yang lainnya. Bagi yang ingin mencoba bisnis ini maka bisa segera dilakukan tetapi suatu proses yang cukup panjang karena bisnis eksportir merupakan bisnis yang besar dan bisa mendatangkan keuntungan yang besar pula.

  1. Pemandu Wisata

bagi yang memiliki kemampuan yang baik dalam berbahasa asing terutama bahasa Inggris, maka bisa menjadi pemandu wisata karena ini merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan jika terjadi pelemahan nilai rupiah. Bagi orang-orang yang memiliki hobi travelling pasti sudah mengetahui bahwa para wisatawan mancanegara akan suka berkunjung ke negara yang memiliki nilai tukar yang sedang melemah. Dengan demikian maka mereka bisa mampu menekan budget Selama perjalanan secara signifikan. Kesempatan demikian harus benar-benar dioptimalkan dengan menjadi pemandu wisata. Apalagi Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik dan diminati oleh banyak para traveler internasional. Dengan demikian maka akan mendapatkan banyak order ketika ingin menjelajahi nusantara.

  1. Bisnis Online Gaji Dollar

Seperti yang telah diketahui bahwa terjadinya perkembangan teknologi dan informasi mampu memberikan kemudahan bagi orang-orang yang menjalankan bisnis online. Ketika nilai tukar melemah maka bisa menjalankan bisnis online dengan gaji Dollar karena hal ini tidak terpengaruh oleh nilai rupiah. Bahkan tidak sedikit para pengguna Google admob maupun Google Adsense yang bisa mendapatkan banyak keuntungan karena melemahnya nilai tukar Rupiah. Patokan dari gaji ini adalah dolar sehingga bisnis ini sangat layak untuk dicoba.

  1. Penerjemah Naskah Asing

bagi yang memiliki kemampuan dalam berbahasa asing yang baik dan benar maka bisa menjadi seorang freelancer untuk menerjemahkan naskah asing. Hal ini merupakan salah satu bisnis yang sangat tepat untuk dilakukan ketika nilai rupiah semakin melemah. Jika ingin bergabung menjadi freelancer ini maka bisa bergabung melalui situs freelancer dari luar negeri. Hal ini merupakan peluang yang sangat besar bagi orang-orang yang mampu berbahasa asing dengan baik terutama bahasa Inggris karena patokan bayarannya adalah berupa mata uang Dolar pada setiap jasa yang diberikan.

Itulah beberapa pilihan bisnis dan usaha yang bisa dilakukan ketika nilai tukar rupiah melemah. Ada banyak hal yang menjadi jalan keluar saat kondisi sedang kritis, apalagi dunia bisnis sangatlah luas.