Spread the love

Usaha atau bisnis merupakan cara yang ditempuh banyak orang karena mampu memberikan keuntungan yang besar. Ketika akan merencanakan sebuah bisnis atau usaha maka perlu adanya modal yang cukup sehingga bisa membuka usaha sendiri. Tanpa adanya modal maka rencana usaha hanya sebuah khayalan belaka.

Jumlah modal yang dibutuhkan tergantung dengan jenis usaha apa yang akan dibangun. Dengan demikian maka perhitungan modal usaha harus benar-benar dilakukan dengan baik, karena harus memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi usaha tersebut. Ada usaha yang membutuhkan modal kecil dan ada pula usaha yang membutuhkan modal besar. Banyak orang bertanya-tanya terkait dengan bagaimana cara untuk bisa mendapatkan modal usaha yang cukup sehingga bisnis berjalan dengan lancar. Pada beberapa tahun yang lalu, orang-orang yang mendapatkan modal usaha dengan cara yang cukup sulit karena hanya bisa dilakukan dengan jalur konvensional seperti halnya pinjaman pada bank. Namun perlu diketahui bahwa kini ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk bisa mendapatkan modal usaha yang lebih kreatif.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan modal usaha.

Menggunakan Tabungan

Para contoh bisnis pasti memiliki tabungan yang sengaja disiapkan untuk modal usaha. Tabungan ini bisa dimanfaatkan untuk modal usaha karena dianggap lebih aman dan tidak memiliki resiko untuk berhutang. Tabungan juga merupakan hak pribadi yang bisa dimanfaatkan untuk modal apa pun.

Pinjaman Bank Tanpa Agunan

Cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan melakukan peminjaman uang pada bank dengan cara memanfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan. Banyak sekali para pencari modal yang menggunakan cara ini untuk bisa mendapatkan modal usaha karena para peminjam bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa apa harus memberikan sebuah jaminan kepada pihak bank. Namun untuk bunga terhitung lebih besar sehingga akan lebih baik jika mengambil tenor cicilan yang relatif singkat.

Pinjam Bank Dengan Jaminan

Seperti yang telah diketahui bahwa bank merupakan tempat konvensional yang banyak dituju oleh orang-orang yang berusaha mendapatkan modal usaha. Bank memiliki Program pinjaman yang disebut dengan kredit multi guna. Bagi orang-orang yang ingin melakukan pinjaman modal usaha maka perlu untuk memberikan suatu jaminan seperti halnya aset properti maupun kendaraan bermotor pada pihak bank. Bunga yang ditawarkan yaitu kisaran 9 hingga 12%, dan tenornya berkisar sekitar 5 sampai 20 tahun sesuai dengan jumlah pinjaman.

Melakukan Penjualan Aset

Setiap orang pasti memiliki aset berharga. Namun para pebisnis memiliki aset tersendiri yang disiapkan untuk model bisnis seperti halnya properti, emas, kendaraan, atau yang lainnya. Untuk bisa mendapatkan modal usaha yang cukup maka bisa melakukan penjualan aset karena Hasilnya cukup menguntungkan. Apabila usaha yang dijalankan bisa berhasil maka bisa kembali membeli aset yang baru dengan kualitas yang lebih baik dan jumlah yang lebih banyak.

Mengikuti Pelatihan

Alternatif lainnya yang bisa dilakukan untuk memperoleh modal usaha yaitu dengan menyalurkannya pada lembaga pemberdayaan ekonomi. Perlu diketahui bahwa lembaga tersebut sering melakukan kegiatan training atau pelatihan dan biasanya setelahnya akan diberikan informasi terkait dengan akses yang bisa dijangkau untuk mendapatkan modal usaha. Dengan demikian maka modal usaha pun akan semakin mudah didapatkan tanpa harus melalui prosedur yang rumit.

Meminjam Pada Teman Maupun

Bagi orang-orang yang akan menjalankan suatu bisnis atau usaha maka bisa berusaha dengan berbagai cara untuk mendapatkan modal. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pinjaman kepada teman maupun saudara. Namun perlu diketahui bahwa jumlah pinjaman tentu akan lebih sedikit dibandingkan dengan pinjaman di Bank, tetapi jumlah pinjaman tersebut tidak terdapat bunga sehingga tidak memberatkan.

Modal Usaha Dari Konsumen

Banyak orang yang bisa mendapatkan modal usaha dari para calon konsumen. Misalnya akan menjalankan sebuah usaha jasa. Maka bisa menarik uang jasa pada konsumen terlebih dahulu sebanyak 30% sehingga uang tersebut merupakan modal usaha yang didapatkan. Cara tersebut cukup sering dilakukan oleh para pengusaha seperti halnya catering, laundry, sablon, dan lain sebagainya.

Joint Venture

Banyak orang yang ingin menjalankan bisnis dan bekerja sama dengan orang lain. Untuk bisa mendapatkan modal usaha yang cukup maka bisa mengajak saudara atau teman untuk melakukan bisnis bersama sehingga bisa patungan modal. Cara seperti ini cukup menguntungkan karena modal dan keuntungan bisa dibagi sama rata. Namun perlu diketahui bahwa perjanjian tertulis terkait dengan pembagian hasil dengan partner kerja harus dilakukan sebaik mungkin sehingga bisa menghindari konflik.

Wiralaba

Hal ini merupakan kerja sama antara pelaku usaha dengan pemilik usaha di mana pembagian keuntungan nya didasarkan sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati oleh kedua pihak. Dalam hal ini pemilik usaha menyediakan berbagai fasilitas serta modal yang kemudian akan dijalankan oleh pelaku usaha. Cara ini pada dasarnya tidak mengeluarkan begitu banyak modal bagi pelaku usaha.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha yang tepat. Karena modal usaha ini sangat penting dan harus dimiliki sebelum menjalankan usaha, maka perlu disiapkan dengan baik.