Spread the love

Pernah melakukan sewa bis executive? Bagaimana rasanya? Sudah tentu nyaman kan? Kalau tidak nyaman, barangkali Anda telah menjadi korban penipuan. Ya, saat ini memang banyak agen yang menawarkan pilihan armada bis executive. Namun, belum tentu armada yang digunakan benar-benar executive.

ina rachman qnet

Agar Anda tidak mudah tergiur dengan tawaran manis para agen sewa bis executive, pastinya Anda harus dapat mengetahui perihal jenis bus ini. Serta dapat membedakannya dengan jenis bus lainnya.

Langsung saja, berikut informasi lengkapnya!

Bus Executive

Untuk melakukan sewa bis executive, tentu Anda harus menyediakan budget yang lebih besar. Pasalnya, bus pada kelas ini memiliki tarif tertinggi di antara kelas yang lain. Sebab, ada banyak fasilitas canggih serta sangat lengkap. Bahkan, jenis bus ini disebut sebagai bus yang elit untuk armada transportasi darat.

ina rachman qnet

Konfigurasinya adalah 2-1. Tentu saja akan menjamin kenyamanan penumpang selama melakukan perjalanan. Sebab, terdapat juga ruang kaki atau footrest yang mana merupakan pijakan khusus agar penumpang tidak merasa pegal meski melakukan perjalanan selama berjam-jam.

Fasilitas layar LCD juga tersedia sebagai penunjang kebutuhan entertainment dalam perjalanan ke lokasi tujuan. Pada bus executive ini, bentuk tempat duduknya adalah reclining seat yang dapat diatur kemiringan sandarannya, sehingga, Anda dapat rebahan atau tidur.

ina rachman tersangka qnet

Untuk kenyamanan penumpang, pada kursi bus juga disertai dengan selimut yang halus dan tebal untuk menghangatkan tubuh di malam hari. Tersedia pula toilet untuk memudahkan penumpang buang air kecil tanpa harus sering berhenti di toilet umum.

Bus VIP

Sedikit berbeda dengan sewa bis executive, jenis bus VIP satu tingkat lebih rendah kualitasnya. Meski begitu, jenis bus ini memiliki fasilitas yang cukup memadai dan lengkap. Konfigurasi bus ini adalah 2-2 dengan total penumpang mencapai 28 orang dewasa.

Konfigurasi 2-2 masih cukup lega bagi para penumpang untuk melakukan aktivitas di dalam bus. Selain itu, konfigurasinya memberikan ruang lebih lega bagi kaki.

ina rachman qnet

Fasilitas penunjang yang lain meliputi adanya selimut, AC (pendingin udara), pemutar musik, reclining seat, Wi-FI, servis makan gratis, LCD berukuran besar, dan juga pemutar musik.

Meskipun kualitasnya di bawah bus executive, tetapi bus VIP merupakan pilihan yang cukup nyaman ketimbang jenis bus ekonomi. Sehingga, tarifnya dibanding dengan bus ekonomi lebih mahal hingga dua kali lipat.

ina rachman qnet

Bus Ekonomi

Sesuai dengan namanya, jenis bus ini memiliki kualitas layanan yang paling rendah. Konfigurasi dari bus ini adalah 3-2. Jika dilihat, penampakannya seperti berjejal dan kurang leluasa. Sehingga, penumpang satu dengan yang lainnya akan berdempetan.

Konfigurasi bangku demikian ternyata memiliki keuntungan yakni bus memiliki kapasitas yang sangat banyak. Bahkan, satu bus ekonomi bisa memuat hingga 59 orang dewasa. Dalam hal ini, bus ekonomi juga ada beberapa jenis, yakni:

  1. Bus Ekonomi Tanpa AC dan Toilet

Bus jenis ini biasanya digunakan untuk rute yang pendek antar kota. Artinya yang hanya memiliki waktu tempuh satu atau dua jam saja. Tarifnya juga ekonomis karena ditujukan untuk penumpang di kelas menengah dan bawah.

  1. Bus Ekonomi dengan AC tanpa Toilet

Selanjutnya, ada bus ekonomi yang lebih nyaman. Konfigurasinya adalah 2-2 sehingga penumpang lebih nyaman. Kapasitas penumpangnya hanya 49 orang. Jenis bus ini dilengkapi dengan AC tetapi tanpa adanya toilet.

Memilih Jenis Bus

Sebelum menentukan akan sewa bis executive, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu beberapa hal yakni memastikan jumlah penumpang yang akan ikut. Tersebab bus executive hanya menampung lebih sedikit orang, pastikan jumlah orang yang akan mengikuti tour Anda tidak lebih dari 30an orang.

Selain itu, pilih lah perusahaan yang profesional dan telah berpengalaman. Sebab, hal ini akan menyangkut keselamatan Anda selama melakukan perjalanan. Pilih lah agen yang memiliki driver yang berlisensi serta menguasai medan. Tak hanya itu, sebaiknya Anda pun melakukan survey untuk mengecek bagaimana kondisi armada bus tersebut.

Jangan sampai Anda telah membayar seharga bus executive, malah yang didapat hanya sekelas VIP. Untuk itu, pahami terlebih dahulu bagaimana ciri dari bus executive dan cek langsung ke lokasi untuk memastikan armada dalam kondisi yang terawat baik.